kenangan dakwah smp

assalamualaikum

entah kenapa sekarang ingin bercerita banyak hal.

Setiap manusia pasti punya kenangan,ada yg berkesan,ada yg ga berkesan ada yg biasa ajaa.tapi hari ini jadi kepingin cerita kenangan yg tak terlupakan ketika dismp.suatu kenangan yg menjadikan aku seperti sekarang ini.suatu kenangan yg aku ingin kembali ke masa itu,suatu masa yg menurutku walaupun menyakitkan jauh lebih baik karena begitu semangatnya dakwah untuk menegakkan kebenaran mengajak kebaikan dan memberikan suatu hal positif ke dakwah ini.

langsung aja yak.hehehhehe aku bukanlah penulis yang baik,tapi ya semoga ceritaku bisa menggambarkan betapa menyenangkan kenanganku dulunya.

aku terlahir bukanlah di kota yg besar,bukan didaerah yg metropolitan seperti skrg ketika aku sedang kuliah,bukanlah sebuah kota yang mudah mendapatkan transportasi,bukanlah suatu kondisi kota yg mudah utk sekolah,bukanlh di sebuah kondisi masyarakat yang kaya,dan bukanlah suatu kondisi yg menyenangankan jika dipikirkan oleh anak anak sekarang.ah,kok jadi merasa tua gini yak.hehehehhehe

aku dimasukkan ke smp xxxxx tanjungpinang ketika kelas 1.lalu aku melihat,sekolahnya banyakan cina,bukan pribumi,ya samalah spt skrg.lalu tiba tiba aku mau shalat,tapi mana mushalanya?

singkat cerita akupun bertanya ke sekelilingku,ternyata mushalanya tidak lebih dari sebuah gudang tempat penyimpanan barang2 inventaris sekolah.itupun hanya 7×5 meter luasnya.dalam hatiku,kenapa kok begini?.singkat cerita karena hal inilah aku berinisiatif bertemu pengurus rohisnya.wah ternyata ketua rohisnya adalah teman sekelasku.lalu aku bertanya dan dia menjawab,kl kamu ingin mushala itu tidak spt itu,ayo kita bersama buat tidak demikian lagi.AYO,kataku.ya,intinya aku ikut rohis karena mushala.

aku dikenalkan dengan pengurusnya.ternyata aku siok pengurus di rohis itu hanya 17 org.4 akhwat,13 ikhwan.mana bisa merealisasikan mimpi nih kl segini?tapi ketua rohis menjawab:segala sesuatu ttg org2 yg berada dijalan allah sudah ada yg memilih,jgn terlalu dipikirkan masalah ini.berusahalah yg keras yg terbaik yg bisa antum kerjakan.dan ingat tidak perlu nada mengeluh dan kecewa atau penyakit hati lainnya jika ingin disini.minimalisir itu semua.karena jika disini utk mengeluh,kecewa benci dan hal2 negatif lainnya,lebih baik kamu keluar dari rohis ini sebelum ngapa2in karena hal itu akan memberi pengaruh ke lainnya yaitu kader rohis ini.karena kamu akan melihat banyak ketidaksepakatan kemauan kamu dgn apa yg diinginkan allah.pemikiran yg menurut aku tidak pantas disandang oleh seorg anak smp.lalu aku cari tau,ternyata dia beda 3 tahun dariku.beliau masuk telat karena ekonomi dan kesadaran ortu akan pendidikan disana.

OKEH,jawabku.lalu suatu ketika ada acara yg diadakan oleh sekolah.sekolah hanya memberikan dana 1/4 dari yg dibutuhkan.aku sangat sakit hati dgn itu.sekali lagi ketua rohis membesarkan kami,aku masih ingat perkataannya:stop pelihara sakit hati ke org,walau dia bukan muslim,disitu tidak ada kebaikan,kamu yuli,bisa menemukan kebaikan didalam itu?itu hanya akan memberi penderitaan kekita.skrg berbuatlah.berbuat skrg jangan tunggu nanti nanti apa yg bisa diperbuat masalah dana ini.

aku ngedumel sepanjang hari sekolah cumn ngasih dana sekian,lalu aku tiba2 ditunjuk jadi anggota dana utk acara tsb.aku makin ngedumel,ga biasanya aku ditunjuk jadi dana,apa maksutnya neh?

lalu pencarian dana dilakukan.pencarian dana yg dilakukan anak smp sangat lucu sekali hehehhehhe.transportasi kita bukanlah mobil,bukan angkot,secara uang jajan masih dikasih,tapi kita naik sepeda dan rakit.ternyata ada anggota lain yg meminjam rakit dari ayahnya utk kita pergunakan.alhamdulillah ayahnya sudah mengerti hakikat dakwah ini.kita berlima pun naik sepeda,boncengan,karena ana ga bisa naik sepeda,jauh banget perjalanannya.jadi ingat laskar pelangi,ya hampir mirip.lalu teman kami yg memakai rakit sudah menunggu ditepi sungai,kamipun mengangkat sepeda utk ke negeri seberang utk meminta dana,secara pulau seberang orgnya lebih kaya kaya.sampai sana,kita dikira pengemis.minta minta.dikasih 100 200 secara anak smp gituh.aku langsung nangis karena siok diperlakukan demikian.tapi ada ikhwan lain membesarkan hati kami lagi.insya allahakan kta dapatkan.akhirnya kita pergi lagi naik rakit kepulau seberang,alhamdulillah akhirnya mendapatkan dana yg tidak dikira kira,dari ibu ibu tukang sayur,dari ortu sendiri,dari ustadz2 dari masjid,dari pemerintah juga ada.karena memang sekolah kami cukup terkenal.akhirnya danabelum mencukupi juga

ana kepingin ga mau jalan nih acara.tapi ketua bilang.pantang bagi seorg ketua menarik kata2nya,sama seperti kata nabi pantang seorang nabi melepaskan baju perangnya ketika sudah terjadi kesepakatan.mulai minggu ini kalian semua mulai perketat tahajjud kalian,kita ga usah jajan aja deh,sumbangin uang jajan utk acara ini,banyakin do’a ampe berbusa mulutnya.semangat.

alhamdulillah semua berjalan.bahkan dari akhir kepengurusan yg berjalan selama 3 thn,kita memiliki saldo kas 33 juta.suatu hal yg mencengangkan bahkan dari pihak sekolah.pihak sekolah ingin agar mereka yg mengelola dana ini.aku diam saja karena ga tau mau bagaimana.tapi ketua dgn tegas dan keras mengatakan:tidak ada peran kalian disini,dan saya tidak akan menyerahkan ini utk pihak sekolah,tapi akan saya serahkan utk allah.aku tidak mengerti maksutnya ternyata maksutnya adalah dana itu akan digunakan utk masjid.langsung saja aku mengatakan allahuakbar.ya allah,akhirnya mimpiku 3 thn itu tercapai ya allah dgn arah yg ga disangka sangka.

skrg masjid kami adalah masjid paling indah di kepulauan riau.alhamdulillah luar biasa allahuakbar.