harapan dan doa tidak terkabulkan

assalamualaikum

(majalah mutiara amaly->mutiara ibadah)
sayyidina ali suatu hari berkhutbah dihadapan kaum muslimin,ketika beliau hendak mengakhiri khutbah tiba tiba berdirilah seorang ditengah jamaah sambil berkata:

“ya amirul mukminin,mengapa doa kami tidak diijabah?padahal allah berfirman “ud’uuni astajiblakum(berdo’alah kpdKu niskaya akan aku perkenankan bagimu)

ali bin abi thalib menjawab,
“sesungguhnya hatimu telah berkhianat akan 8 hal yaitu:
1.engkau beriman kepada allah,tetapi tidak melaksanakan kewajibanmu kepadaNya.maka,tidak ada manfaat keimananmu itu(karena tidak menjalankan perintah allah)
2.engkau membaca alquran,tetapi tidak kau amalkan.
3.engkau berkata:sami’na wa aththa’na(kami mendengar dan kami taat),tetapi kau tentang ayat2nya
4. engkau menginginkan surga,tetapi setiap waktu melakukan hal2 yg dapat menjauhkan dirimu ke surga.maka,mana bukti keinginanmu itu?
5.setiap saat engkau merasakan kenikmatan yg diberikan oleh allah,tetapi engkau tidak bersyukur
6.engkau mengetahui setan itu musuh bagimu(alfathir[35]:6),tetapi tidak kau musuhi setan dan bersahabat dengannya
7.engkau berkata beriman kepada rasul allah,tetapi engkau tentang sunnah dan syariatnya.maka,apalagi buah dari keimananmu?
8.engkau jadikan cacat/kejelekan org lain didepan mata untuk dicela,tetapi sebenarnya kau sendiri orang yg sebenarnya lebih berhak dicela daripada dia.

=========
semoga kedepannya kita menjadi org yg beruntung yaitu org yg lebih baik dari hari sebelumnya,tidak menjadi org celaka.semoga kita selalu terus melihat diri kita ini,dibadan kita ini yg penuh dgn dosa,khilaf,semoga kita tetap semangat hanya untuk menggapai ridho allah.tanpa dorongan nafsu lainnya yg terus berdatangan dihati hati kita.