membaca

tips suka membaca:
1.org akan semangat kalo ada untung bagi dirinya sendiri,temukan manfaat membaca
selain yg udah disebutkan ama akh bayu,selain itu cakrawala kita jadi terbuka,baik terhadap adab masyarakat,dampak kekita,mengembangkan ketrampilan untuk belajar,lebih bijak dll,cari manfaat membaca.

2.punya niat bahwa mencari ilmu adalah ibadah yg akan allah berikan pahalanya
contoh realisasi:disiplin diri dan kegigihan dalam membaca,Tanpa kedua hal ini maka belajar hanyalah kegiatan yang sifatnya tergantung suasana hati (mood) dan kita tidak dapat mencapai keunggulan hanya dengan belajar setengah hati.misalnya dgn memantapkan hati tiap hari meluangkan waktu membaca,walaupun hanya 5menit.ia.allah,allah juga akan memberi pahala walau hanya 5menit setiap harinya.karena allah suka amalan yg sedikit sedikit tapi berterusan,maka tidak ada salahnya hal ini menjadi amalan unggulan untuk kita dihadapan allah di yaumul akhir nanti akhi ukhti.:)

3.Konsentrasi,Pahami jalan pikiran penulis.

4.Hindari baca kata per kata dan kalimat per kalimat.
Coba tangkap sekelompok kata dengan mata anda setiap kali menggerakkannya.Apalagi untuk buku berbahasa asing, kita tidak perlu menterjemahkannnya kata demi kata, karena akan menghambat proses penyerapan informasi dalam otak anda.

5.Terdapat 3 cara umum membaca di dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari apa tujuan proses membaca tersebut.

1. Membaca sebagai hiburan tanpa perlu memeras otak terlalu keras. Bacaan yang mengandung unsur hiburan disini contohnya novel, cerpen, komik, majalah ringan dll.
2. Membaca untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang tujuannya adalah mencari dan memahami ilmu yang terkandung dalam bacaan tersebut.
3. Membaca kritis. Membaca disini sama dengan membaca untuk mencari ilmu. Namun membaca disini diikuti oleh proses menelaah isi bacaan tersebut, misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan apa itu?, mengapa bisa terjadi?, oleh siapa?, kapan?, dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi? Dalam membaca kritis, kita membuat bacaan sebagai lawan yang harus dikalahkan dengan cara mengetahui dan memahami seluruh isinya.

Belajar dengan menggunakan metode membaca kritis akan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. by blog orang.

6.Evaluasi. hal ini perlu untuk mengetahui apakah kita sudah paham akan isi bacaan.kalo ada yg belum paham,dimana yg belum paham,coba dibuka lagi.

7.bergaul dengan org org yg suka membaca juga okeh tuh.walaupun kita membaca masih sedikit2 setidaknya kita punya teman yg jika kita lihat,maka teman ini yg selalu menjadi penyemangat kita utk terus menambah ilmu.

mungkin itu dulu,atau ada yg lain bisa menambahkan?

iseng2 juga ngambil dari blog org nih,walau ana belum bisa spt dibawah ini,semoga kita terus berusaha nih ya.semoga bermanfaat:

Tips+Trik Mengkhatamkan Qur’an Dalam Sebulan by http://tausyiah275.blogsome.com

1. Baca Qur’an sebanyak 4,5 – 5 halaman tiap kali kita selesai sholat wajib.
Hitung2an kasarnya… 5 (aku ambil 5 halaman, agar mudah) * 5 (sholat waktu) * 30 = 750 halaman. Al Qur’an, secara umum, terdiri dari sekitar 400-600 halaman. Berarti, dalam sebulan:
== untuk 400 halaman, kita hampir mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 2kali.
== untuk 600 halaman, kita telah membaca Qur’an sebanya 1,25kali.

2. Jika tidak bisa 5halaman sekaligus, bawa selalu Qur’an, dan manfaatkan waktu-waktu luang anda. Misalnya:
== saat macet di jalan
== menunggu angkutan umum
== di dalam kendaraan umum
== dst (lihat artikel mengisi waktu memperbanyak amalan di bulan Ramadhan)
insya ALLOH, bisa lebih banyak lagi halaman yg bisa dibaca…otomatis bisa lebih cepat mengkhatamkan Qur’an.

3. (jika memungkinkan) Cari Al Qur’an yg dicetak per-juz. Satu juz ~ 11 lembar ~ 22halaman. Gunakan sistem target, 1 hari = 1 juz. Insya ALLOH dalam sebulan akan khatam juga.aminnnnnnnn.