hemat….hemat…. hemat….yukkk

hmmm berbicara tentang hemat, sebenarnya kata hemat ini sudah kulakukan sejak dulu sekali, lebih tepatnya sejak kecil. Peran orang tua sangat berpengaruh bagi diri saya pribadi. Terbayang sampai sekarang, setiap pembelian akan selalu diperhitungkan walau sekecil apapun harganya. mencatat didalam buku, berfikir dan menimbang. Bukan berrti Saya pelit, dan tidak ingin menikmati uang yang Saya dapat, tapi Saya berkeyakinan, bahwa uang yang didapat harus bertujuan kepada hal yang baik. makanya setiap bulan, Saya pasti ada akuntansi bulanan, untuk meneliti sejauh mana aliran duit yang ada selama ini mengalir. Ga perlu terlalu ribet, ya selain karena saya ga bisa akutansi. Intinya perlu pencatatan keuangan dalam aliran dana uang kita mengalir kemana.

minggu minggu  lalu ada teman sekantor yang bertanya ke saya tentang masalah bagaimana mengelola keuangan di kala masih lajang, secara dia juga udah berumur, dan merasa bahwa simpanan uangnya sepertinya selalu habis. hmmmm ….. saya ga bisa memberikan jawaban yang bener bener pasti, karena saya juga masih belajar dalam mengelola keuangan.

Selanjutnya saya mencoba searching tentang masalah mengelola keuangan di beberapa milis, dan akhirnya saya menemukan beberapa ide yang sebenarnya sudah saya jalankan dari dulu. Mungkin menjadi anak kos mempunya peran tersendiri bagi saya pribadi untuk mengelola keuangan bagi diri saya pribadi. Mengalami kondisi ketika roda diatas dan roda dibawah dalam menjalankan menjadi anak kos, sejujurnya bagi saya pribadi membawa banyak pelajaran. Bagaimana mengatur keuangan dalam 1 bulan menjadi cukup dan masih bisa untuk menabung. Mungkin dibawah ini ada beberapa tips yang saya bagi terutama bagi yang masih wanita lajang dan anak kos hehehhe

money

1. Hemat , yang terdiri dari :

  • Hemat Listrik
  • Hemat bahan bacaan, kalo bagi saya pribadi, untuk bahan bacaan biasanya saya membeli buku hanya untuk buku2 novel yang menurut saya bagus, buku agama dan buku motivasi. Makanya ketika kuliah, saya sangat jarang membeli buku karena bisa didownload, ya walau memang ga baik, tapi itu kan untuk pendidikan pak buk, bukan untuk yang aneh aneh loch hehehhe😀. Termasuk didalamnya dalam hal tontonan, saya sangat suka nonton film. itu tidak bisa saya bohongi. dan OK… saya mengakui saya suka nonton film di bioskop, terutama film2 khayalan dan action. tapi untuk film jepun dan korea yang emang filmnya bagus2 (ga kyk sinetron indonesia,makanya saya malas banget beli TV) maka saya biasanya download. yaaa namanya juga free fans sub. tau artinya??? silahkan cari tau…😀😀😀
  • Hemat shopping
  • Hemat tempat tinggal, jika sebagai anak kos memakai AC itu ga terlalu penting banget, ya mending ga usah deh, lebih baik uangnya ditabung atau dialokasikan ke yang lain.
  • Hemat makanan, jika memungkina membawa bekal makanan untuk makan siang, lalu jika merasa hang out di cafe udah diluar kendali, perlu di pikirkan lagi tuh😉

2. Menabung, Terdiri dari :

  • Buat daftar pengeluaran: pengeluaran rutin, bulanan, dan senang2, Pengeluaran rutin bagi wanita+kosan bisa macam2,  bagi saya pengeluaran rutin selain pengeluaran mendesak adalah membeli alat2 perawatan kulit, beli buku agama/komik/ action figur. Pastikan belanja sesuai dengan daftar list.
  • Menabung minimal 10% dari gaji kita, jadi kalo misalnya gaji kita 1juta, maka 10% nya uang yang ditabung tiap bulan adalah 10orb dan usahakan kita konsisten dengan itu.
  • Dahulukan kebutuhan yang mendesak yaitu kebutuhan dapur dan iuran bulanan. Bagi saya, biasanya uang kos+uang internet+ belanja bulanan seperti deterjen dll yang saya dahulukan.
  • Alokasikan untuk Biaya hang out, namanya juga manusia, perlu bersenang senang juga loch, entah shopping, nonton film, ngumpul bareng teman

3. Hutang, terdiri dari:

  • Jika Berhutang, ketika mendapatkan gaji, dahulukan pembayaran hutan( kata agama islam sih, kalo berhutang tapi udah mati, kalo mati digantung loch amalannya hohohoh)
  • Kurangi pemakaian credit card. Biasanya saya menggunakan ini hanya untuk memesan online via internet, ada penawaran diskon ampe          > 70% 😛😛, kalo cuman 50% saya mah ogah, kebutuhan mendesak seperti membiayai adik saya berobat yang kemaren kena virus kucing sedangkan waktu itu entah nyelip kemana kartu debet saya.
  • Tapi dari semuanya adalah Berpikir sebelum bertindak, benar benar dipikirkan apakah ini adalah kebutuhan atau keinginan.

4. Giat bekerja, terdiri dari:

  • Jika sudah ada tanda tanda perusahaan ga bisa naikkan gaji kita walau kita udah kerja beberapa tahun disana, sepertinya mencoba tantangan yang baru diperusahaan bagus juga tuh. hmm…. ini saya belum pernah melakukan, masih betah ama yang lama hahahhaha
  • Jangan pernah hitung2an dalam bekerja, gunakan prinsip orang jepang, jika dia udah bekerja didalam suatu perusahaan maka pasti mereka total. Pantang mengeluh, totalitas!!!!
  • walau sepertinya agak kecepatan bagi usia 20-an, maka sepertinya perlu dipertimbangkan utk mempersiapkan dana pensiun diluar yang akan diberikan oleh perusahaan.

hmm…. mungkin itu dulu yang bisa saya bagi.

perlu diingat, persepsi “benda yang penting” antara satu orang dengan orang lain berbeda. so, hargai itu.

lain waktu mungkin bisa saya berbagi dalam hal yang lebih khusus, misalnya gimana mendapatkan kue dengan harga yang 1/2 harga? gimana shopping baju,sepatu,tas dengan smart?? hmmm…. tunggu saja ya ..😉