Penyesalan

Penyesalan selalu datang terlambat, itu yang selalu aku dengar dari dulu . Ha itu menurutku bisa dilihat dari dua hal. Jika terkadang kita menyesal akan takdir buruk yang menimpa, lalu berkata seandainya aku begini atau begitu, mungkin tidak terjadi demikian, maka hal itu bisa dinamakan sia sia, karena jika seandainya ia tau aka begini begitu, mengapa tidak mempersiapkannya dari aawal, atau kata pepatah sedia payung sebelum hujan. tetapi jika dilihat dari sudut yang lain, penyesalan tidak selalu harus datang terlambat jika kita bisa menyikapinya dengan benar.

Penyesalan disertai dengan mengambil hikmah yang terjadi sehingga berjanji untuk tidak mengulanginya lagi, menurut saya hal itu bukanlah hal terlambat. Justru dengan kita menyesal setelah perbuatan yang kita lakukan, maka hal itu akan membuat kita menjadi insan yang lebih baik lagi. Berapa banyak orang2 shaleh contohnya para nabi yang melakukan kesalahan, lalu menyesal dan berjanji tidak mengulangi lagi akhirnya menjadi orang yang lebih baik lagi. dan saya yakin begitu juga diri kita sendiri. karena sebenarnya penyesalan adalah refleksi dari diri kita untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Tetapi terkadang ada penyesalan yang terus menerus ia sesali sehingga tidak mengubah dirinya menjadi apapun itu. Ah, hal itu hanya akan menjadi kesia siaan bagi kita. padahal kita sudah sering mendengar suatu ayat ” jika telah selesai urusan satu, maka lakukan urusan lainnya”.

Tidak ada yang salah dengan penyesalan. Semoga kita termasuk kedalam orang orang yang selalu mengevaluasi diri kita dan menyesal atas perbuatan buruk kita dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi. Kata seseorang, dengan kita menyesal dan mengakui perbuatan kita, hal itu akan membuat kelapangan dihati kita, dan lebih berani untuk menatap masa depan. so, mari sekarang kita evaluasi diri kita, menyesallah, dan berjanjilah bahwa kita akan menjadi manusia yang lebih baik, memecahkan permasalahan dengan sikap terbaik kita dan memaafkan dengan sikap terbaik kita. Dengan itu, semoga allah swt senang ke diri kita. Aminnnnn.