Usia kandunganku sudah memasuki usia 19 minggu 5…

Usia kandunganku sudah memasuki usia 19 minggu (5 bulan). Tak terasa waktu cepat sekali berlalu dan tau tau perutku udah sedikit membuncit.tapi banyak yang bilang diriku ga kyk org hamil😛 hhohohoho. Sebagai wanita hamil, memang ada perubahan didalam diriku, baik secara fisik dan jiwa.

pada bulan 1-2, aku merasa tidak ada perubahan didalam diriku, semua berjalan seprti biasa biasa saja. makan enak, tidur enak, pekerjaan rumah selesai, kuliah lancar, jalan jalan bareng my hubby okeh dll.

tetapi tidak demikian pada bulan ke 3-4 kehamilan, perubahan hormon yang terjadi dalam tubuhku membuatku menjadi lemah dan dirawat dirumah sakit, pekerjaan rumah berantakan , kuliah sedikit terlalai (alhamdulillah ip ku masih diatas 3,5 ) , ngajar menjadi ngos2an sehingga aku mengambil cuti panjang ke bosku, rencana buka usaha hilang entah kemana, suami tak diurus, dan badanku semakin kurus sampai turun menjadi 4kg membuat aku sepertinya kesusahan dalam kehamilan ini.
aku iri sekali melihat wanita wanita kuat yang bisa naik turun bus, kerja, dan melakukan aktivitas lainnya dengan kondisi yang hamil sedangkan aku harus stay at home karena dokter khawatir kondisiku pasca masuk rumah sakit. bukannya aku tidak pernah mencoba untuk menjadi kuat, berupaya semua pekerjaan berjalan dengan semprna dan baik, mungkin ada di satu sisi pekerjaan rumah selesai tapi yang lain berantakan, atau suami keurus tapi yang lain berantakan. Dan aku disini sekarang, keluhan muntah tak berhenti sampai menjelang bulan ke lima, walau intensitasnya mulai menurun.dan disatu sisi itulah, dimana aku butuh asisten untuk membantuku, aku juga kasihan lihat suamiku yang mengurus keperluannya sendiri ketika pagi2 sedangkan aku tepar di tempat tidur setelah muntah2 hebat dan tenggorokan serasa terbakar, makan tidak enak sehabis subuh.
banyak yang bilang jangan dirasa kan apapun keluhan kita, tetapi bagaimana ketika keluhan itu telah mencapai hal yang tidak bisa ditolelir lagi? aku pun histeris. histeris menangis sejadi jadinya, huhuhuhuhu (ini ga lebai tapi bener), kalo udah begini, suamiku hanya bisa menenangkanku dengan mengelus punggungku atau memijat badanku. Thank you my sweetest hubby🙂

di bulan ke 5, alhamdulillah muntah semakin berkurang, tetapi gantinya tiap pagi dan malam sebelum tidur aku terkena sakittt kepala, ampe nyut nyut nyut (halah, sakit kepala emang berbunyi demikian ya hehehhehehe). Jadi, sebagai gantinya suami yang tiap malam kalo kemaren mijit badan, skrg sebagai gantinya mijit kepala. Kaki juga mengalami bengkak2, sakit sekali kalo ketika kita beristirahat lalu digerakkan. lalu aku sediakan lotion anti pegal kaki, dan minyak kayu putih. Oh, ya dari awal kehamilan, ini minyak kayu putih ga pernah lepas dariku. Mau jalan2 musti bawa taruh di tas, mau tidur taruh disamping bantal, mau maen komputer taruh depan komputer, mau ngurus keperluan suami taruh di tempat yang bisa dijangkau. pokoknya selalu ada dimana saja dan kapan saja😉.

Alhamdulillah sudah ada yang membantu dirumah, jadi aku bisa konsentrasi menyusun thesisku yang tertunda. ya, skrg sambil hamil, aku juga menyusun thesis s2 ku di fakultas ilmu komputer. Terbantu sekali dengan adanya asisten dirumahku yang datang tiap pagi dan beberapa jam kemudian pulang kerumahnya. suami keurus, rumah keurus, tesis keurus, rencana buat usaha alhamdulillah sekarang sedang di godok, dan perencanaan ke depan utk keluarga kecil kami lebih matang, n yang pasti histeris nangis2 nya berkurang hehehhehe. walau demikian, namanya juga memakai jasa orang lain, pasti ada masalah ini itu, tapi bagaimanapun setelah dipikir2 lagi, kami yang membutuhkan asisten setidaknya sampai beberapa bulan setelah melahirkan. jadi mesti hati hati dan sabar dalam penyampaian keluhan kita agar tidak ada yang tersakiti karena sebisanya keberadaan kita tidak membuat dirinya lebih susah lagi😉

untuk vitamin di usia kandungan 5 bulan ini, sama seperti bulan sebelumnya diberikan folamil dan elkana utk kalsium, perbanyak makan protein, jauhi kerang karena kerang kalo di jkt kurang baik karena polusi terkecuali di pulau2😉 , perbanyak makan sayur dan buah, juga air putih. aku juga rutin mengkonsumsi susu, madu dan sari kurma untuk bayi. Alhamdulillah itu membantu sekali ketika saat saat aku tidak bisa makan karena mual dulu. sedangkan habbatussauda tidak disarankan ketika hamil karena bersifat panas, khawatir berdampak ke anak.alhamdulillah juga berat badan bayi sudah normal, tidak seperti ketika bulan ke 3 yang mana berat badan bayi kurang dari 100 gr. ketika ditelusuri ternyata akibat dari mual2 dan muntah yang masih ada ketika itu.
alhamdulillah sudah lengkap anggota tubuhnya, cuman sayang ketika kita mau lihat jenis kelamin, si baby nutupin hehehhe, malu kali ya ama bu’ dokter😀 hehhehe.

Selain dari hal diatas, untuk ruhiyahnya aku selalu :

  1. hobi berbicara dengan anakku loch, kadang kalo udah gitu suka nendang2 dia😉
  2. kuusahakan sebisanya membacakan alquran setiap harinya minimal 3 lembar setiap harinya, jika libur minimal bisa 5 lembar, almatsurat pagi sore dan surat surat pendek lainnya. ketika kubacakan itu, terasa sekali perut ini enak sekali rasanya, tenang😉.
  3. selain itu kudengarkan lagu2 nasyid terutama lagu raihan dan opcik, 2 penyanyi nasyid yg paling kusuka
  4. lagu2 english yang slow, lagu2 favoritku wkkwkwkwwk😛😛, lagu jepang, korea hahhahaha😛😛
  5. murattal oleh adel alkalbany dan rasyid elfasy, 2 orang imam yang kusukai bacaan qurannya😉
  6. untuk diriku sendiri aku perbanyak membaca buku, terutama buku baby, maklumlahjauh dari ortu seperti aku  jadi harus banyak2 ilmu begituan😛😛, buku seperti baby book, dan sejenisnya, juga buku2 pendidikan keislaman parenting. kadang kalo suami penasaran dia ikut2an jg baca jadi kadang kt suka berebutan😛

Ya Allah , berikanlah kami anak yang sholeh dan sholehah, sempurna fisik dan mentalnya, dan menjadi penyejuk pandangan dan pendengaran kami, dan menyenangkan kami. Aminnn ~~~~