ketika Bumil sedang mengandung maka hal yang dipikirkan…

ketika Bumil sedang mengandung, maka hal yang dipikirkan setelah persiapan fisik mental dan ruhiyah adalah persiapan perlengkapan bayi, dan saya juga melakukan hal yang sama. Bedanya saya mulai mencicil perlengkapan bayi sejak kandungan memasuki 5 bulan, bahkan kawan saya ada yang sudah hunting dari 3 bulan. Hmmm … pertimbangannya bagi saya adalah pada bulan ke 6 dan 7 saya yakin tidak bisa lagi disibukkan dgn hal begini karena pada saat itu saya lagi persiapan ujian tesis, dan alasan keduanya, dengan kandungan yang semakin besar, semakin malas untuk keluar kemana mana, karena kaki juga akan semakin bengkak dan perih jika diajak jalan lama lama. Sedangkan perlengkapan bayi ternyata banyak juga ampe saya nyicil beberapa kali.

tips2 dari saya:

  1. lebih baik survei dulu tempat perlengkapan bayi yang murah dan bagus agar tidak menyesal nantinya😉. saya ada 2 toko membeli perlengkapan bayi, dan harganya trnyata dinaikkan ama dia, huhuhuhu merasa tertipu, tapi ya udahlah, toh beberapa ukuran yang saya beli juga L😛 jadi ga terlalu rugi2 bgt.
  2. mencicil keperluan bayi, karena kalo beli semua dalam 1 kali, kerasa banget harganya, belum lagi barangnya banyakkkkk, jadi saya sarankan belilah dengan dicicil. tapi kl ada rombongan yg bisa angkut barang2 perlengkapan baby, gpp jg hehhehehe😉.
  3. jangan lupa bawa catatan list perlengkapan bayi, kadang kita suka lupa kalo udah nyampe kedepan penjual mau beli apa aja dan belanja yg butuh aja ya😉😀😀
  4. kalo ingin membeli perlengkapan bayi tapi belum tau jenis kelaminnya, maka pilihlah warna yang netral, kuning, hijau putih, . tapi saya sendiri pilihan bajunya ada juga kok warna pink n biru😛😛. biar makin semarak aja warnanya😀😀😀
  5. Jangan beli terlalu banyak baju untuk baby, karena badan mereka cepat besar, saya sendiri hanya membeli maksimal 1 lusin, itu pun hanya popok dan baju lengan pendek, dan 2 lusin celana pop ukuran L karena dipakai sampai usia 1 tahun sisanya hanya 1/2 lusin saja.
  6. Skala PRIORITAS jangan sampai dilupakan.

Dibawah ini selain termasuk perlengkapan bayi, disiapkan juga perlengkapan ibu dan apa saja yang mesti dibawa ketika akan melahirkan dirumah sakit nanti. Semoga berguna ya😉. dan ingat, list dibawah ini adalah list perlengkapan bayi versiku ya😉. jadi terserah jika ingin dipakai atau tidak. selamat bershopping ria dgn perlengkapan bayi ya😉

Kebutuhan Utama Bayi
>>Pakaian
 [½ lusin] stelan baju tangan panjang + celana panjang beli sedikit karena dapat lungsuran
 [1lusin] atasan lengan pendek ukuran new born
 [1lusin] atasan tanpa lengan (aku ga beli yang ini , dpt lungsuran😉 )
 [1½ lusin] celana pop/celana pendek (aku beli 2 lusin karena ukuran L kepake ampe 1 tahun)
 [2-3] jumper/baju monyet (dapat lungsuran jg) + beli baru
 [2-3] celana tutup kaki **optional (aku beli 1/2 lusin, biar ga make kaos kaki lagi kalo malam hehehheheeh)
 [4-6 pasang] sarung kaki + sarung tangan
 [12 buah] kaos kaki/sepatu bayi (saya beli kaos kaki aja itupun dipake ampe usia 6 bulan, sepatu bayi dpt lungsuran😛😛 ), ini karena nisa mudah masuk angin, make sarung kaki ga nampol😛
 [1] cardigan/jaket/baju hangat , butuh banget kalo bepergian
 [2] topi bayi
 [½ lusin] singlet (beli yang 1 lusin )
 [2 lusin] popok kain (beli 1 lusin, karena dapat lungsuran juga dari ibuku sebanyak 2 lusin lagi)
 [½ lusin] gurita (beli 1 lusin) terserah ini mau pake atau ga, dapat lungsuran 2lusin
 [1- 1½ lusin] bedong (beli 1 lusin, dapat lungsuran 2 lusin)
 [2-3 buah] alas dada/oto (bib) (beli 1 buah)
 [½ lusin] sapu tangan handuk , aku beli 1 lusin utk dipakai utk gumoh dan mandikan dia

Perlengkapan Mandi & Ganti Pakaian
 bak mandi *bisa dipinjam, aku dapat 2, 1 beli sendiri, 1 diberi mertua😀
 penyangga/kursi mandi **optional (dapat pinjaman dari saudara😀 )
 perlak mandi untuk alas ganti pakaian (dpt lungsuran ;)), tapi aku beli juga 1 buah. 1 utk mandi, 1 utk alas tidur
 alas karet anti slip ***jika menggunakan kursi mandi, alas ini bisa dibeli setelah bayi bisa duduk sendiri didalam bak (ga beli😀 )
 [2 buah] handuk bayi besar (saya beli 1 aja, karena dapat hadiah handuk banyak )
 [3-4 buah] washlap/sarung tangan handuk, (saya beli 2 buah, jadi bisa bergantian)
 sponge bath **optional(ga pake, karena kulit bayi masih sensitif)
 sabun mandi
 shampoo ***bisa menggunakan yang two in one dengan sabun (saya pake sabun 2 in 1)
 baby lotion/baby cream ( ga pake)
 baby oil
 baby cologne
 diapers cream (pake baby cream mencegah diaper rush)
 bedak+tempatnya (ga pake karena debu bedak ga baik utk hidung bayi, mending langsung tuang ke tangan)
 minyak telon ukuran besar karena nisa suka masuk angin
 lotion anti nyamuk (ga pake)
 wet tissue
 cotton buds
 sisir+sikat bayi
 gunting kuku bayi
 1 pack newborn pampers
 kapas bulat ***kalau mau irit beli kapas kiloan di apotik lalu bentuk bulat-bulat, simpan di toples (pakai kapas biasa)

Perlengkapan Tidur
 box/crib/tempat tidur bayi *bisa dipinjam (dpt lungsuran)
 kasur ***sebaiknya baru
(dapat pinjaman)
 [2 pasang] bantal guling
(dapat pinjaman)
 Seprai, bumper/pengaman (dapat pinjaman), kelambu (beli 1 buah )
 bantal peang (ada lekukan di bagian kepala)
 selimut bayi
 kojong/tudung **optional, beli 2 buah
 [1 buah] perlak besar (beli perlak 1 buah saja) (dapat lungsuran)
 [2 buah] perlak kecil, 1 utk alas tidur, 1 utk alas bab😛
 alat monitor bayi **optional & bisa dipinjam (ga pake)

Perlengkapan minum dan makanan belum beli sampai umur 6 bulan, karena ingin asi eksklusif aja😉

Kebutuhan Tambahan
 thermometer
PENTINGG!!!!!!
 sedotan ingus (nose cleaner) (ga pake)
 kassa
 alcohol 70%
 betadine
 tas bayi **optional,
 play pens [boks tempat main bayi] **optional & bisa dipinjam dapat lungsuran
 baby bouncer (kursi santai bayi) **optional & bisa dipinjam (dikasih hadiah)

Kebutuhan Travelling
 stroller/kereta bayi (lungsuran)+ (beli yg baru 1 buah)
 gendongan bayi (sling) (dapat hadiah + beli yg baru 1 buah )
 car seat **optional & bisa dipinjam (dapat pinjaman)
 carry cot (keranjang bayi) **optional & bisa dipinjam (ga pake)

Kebutuhan Ibu
 [3 buah] BH menyusui
 breast pads
 gurita ibu
 breast pump (pemompa asi) **optional belum butuh


tambahan :

Cloth diaper , 1/2 lusin, Nursing Apron,korset, kain jurik panjang, ayunan bayi (keluarga saya byk ga lepas dari ini😛 ), jemuran baju baby

nah, setelah diatas perlengkapan bayi, maka yang perlu dibawa ketika bersalin nanti adalah sebagai berikut: (ini tidak fix harus spt ini, tergantung sikon)

Untuk Ibu:

# Baju untuk pulang – 1 stel

  1. Kemeja berkancing/Daster – 4 set – lebih mudah u/ menyusui
  2. Gurita Ibu/stagen – 3 pcs
  3. Kain panjang – 2 pcs
  4. BH Menyusui – 2 set
  5. Breast Pad – 1 box
  6. Sandal yang empuk – 1 pasang
  7. Alat mandi – 1 set
  8. Alat dandan – 1 set
  9. Pembalut untuk melahirkan – 1 box
  10. Celana kertas – 2 box (aku hanya 1 box)
  11. Celana dalam – 6 buah
  12. Kantong plastik – 2 untuk sampah

dan keperluan pribadi lainya

Untuk bayi :

# Baju untuk pulang – 1 pasang

  1. Popok/celana – 2 pcs
  2. Gurita – 2 pcs
  3. Sarung tangan & kaki – 1 pasang
  4. Kain bedong – 2 pcs
  5. Selimut – 1 pcs
  6. Selimut bertopi – 1 pcs
  7. Minyak telon – 1 botol
  8. Diapers – 6 pcs
  9. Bedak
  10. Tissue beralkohol – 1 box
  11. Tas bayi – 1 set