Tak terasa kehamilan sudah memasuki usia 25 Minggu…

Tak terasa kehamilan sudah memasuki usia 25 Minggu, Alhamdulillah sejauh ini nyaman2 saja. Kehamilan ternyaman terjadi ketika antara usia 5-6 bulan kehamilan. enakkkkk banget bawaannya. Udah jarang muntah, Pusing kepala tidak terlalu sakit. Yaaaaa walau muntah2 pernah juga, dan udah ku konsultasikan ke dokter , ternyata karena tekanan darah rendah, karena disertai sakit kepala jg.

Dan ~~~~~ karena saking nyamannya kehamilan 5-6 bulan ini, aku malas ngapa2in, tugas kuliah terbengkalai, kerjaannya cuman makan n tidur ajah ~~~ rasanya nyenyak banget dah tidur nya, tidur malam serasa kurang😛😛😉. Dan ~~~ dampaknya adalah berat badanku di usia kehamilan 25 minggu ini naik 8 kg >*<. siok jg, karena belom pernah punya berat badan seberat itu hohohoho. padahal dimasa masa kehamilan aku khawatir dengan berat badanku yang terus menurun. trnyata itu hanya bawaan mual dan muntah sehingga menghilangkan nafsu makan😉

dan tiba tiba, 2 hari yang lalu ketika menjelang subuh, aku terkena kram kaki, rasanya sakittttt banget dan terasa urat ketarik ke atas gituh. ah, gmn sih rasanya kram, pasti udah tau lah ya ~~~~, lalu teriak teriak deh krn sakitnya. suami pun ikut bangun n terkejut karena teriakan ku, akhirnya aku pun meluruskan kaki, dan menggerak gerakkan kaki biar aliran darah lancar. huffff ~~~~ ternyata yg namanya bumil ada aja ya penyakitnya😛😛, inilah itu lah. tapi namanya juga pengalaman, dan dibawa nikmat saja semuanya. alhamdulillah masih bisa merasakan nikmatnya menjadi ibu😉😉 hehehhehe. ups, maksutnya calon ibu.

alhamdulillah setelah beberapa saat, sakit kramnya akhirnya menghilang, dan akupun berusaha utk kembali rileks saja🙂.

paginya mencari cari artikel tentang kram kaki pada ibu hamil, karena aku penasaran apa hanya aku yg merasakan ataukah itu hal yg wajar bagi kehamilan. dan akhirnya setelah browsing sama sini,  didapatkan kalo kram pada kehamilan adalah hal yang wajar dengan intensitas yang tidak terlalu banyak. —-> hmmm …. ya, saya kram kaki baru sekali itu😉. brrti masih wajar😛

Kram dapat berhubungan dengan berat badan yang berlebihan sehingga serabut syaraf pada kaki tertekan, pekerjaan ibu yang banyak berdiri atau kekurangan vitamin/mineral terutama kalsium (http://www.drdidispog.com/2008/11/kram-kaki-pada-wanita-hamil.html)

Hmmm, berbicara tentang kaitannya dengan berat badan, sptnya iya, hahhahaha. saya kan nambah 8 kg,😛😛 mungkin ada keterkaitannya. banyak berdiri?? sptnya gak, malah banyak duduk depan komptr😛, kekurangan vitamin kalsium?? sptnya ga, karena saya dikasih dokter vitamin kalsium dan rutin minum susu kok😛😛😛 huehehehhe.

lalu bagaimana mengatasi kram pada kaki selama hamil ini??

 

  1. Hindari pekerjaan berdiri dalam waktu yang lama
  2. Lakukan olah raga ringan, peregangan pada otot betis dan latihan bersila dapat mengurangi kejadian kram
  3. Posisi tidur dengan kaki lurus (menunjuk dengan ujung kaki) dapat meningkatkan kejadian kram kaki, sebaiknya hindari tidur dalam posisi ini.
  4. Tidak menggunakan sandal bersol tinggi juga dapat menghindari kram kaki.
  5. Lakukan peregangan (stretching) betis dan kaki pada saat siang hari dan sebelum tidur.
  6. Putar2 pergelangan kaki dan goyangkan ibu jari kaki pada saat duduk.
  7. Usahakan melakukan OR jalan tiap hari, minimal 10 menit.
  8. Berbaring dengan posisi miring kiri guna memperlancar aliran darah balik.
  9. Istiahat jika kelelahan dan angkat / tinggikan kaki jika mungkin.
  10. Pakai stoking khusus hamil.
  11. Mandi air hangat untuk merelaksasikan otot kaki sebelum tidur.
  12. Banyak minum air putih.
  13. Bila dianggap perlu dokter akan memberikan kalsium.

mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan magnesium seperti brokoli, produk  sayuran hijau, tahu, salmon, kandungan susu

jika kram kaki yg berdampak pada kejang dan bengkak, maka kemungkinan terjadi pembekuan urat, dna langsung kerumah sakit ajah biar aman😛😛😛 dan ini gelaja serius brother and sister😉😉 so, selama hamil ini jgn macam2 dah. minta aja no hp dokter obgyn kita, jadi kita bisa bertanya setiap saat😉 biasa diberikan diawal pemeriksaan kehamilan.

sumber :http://www.amazingpregnancy.com) , http://freyjamayla.blogspot.com