hal hal yang perlu dilakukan selama kehamilan dibawah…

hal hal yang perlu dilakukan selama kehamilan dibawah ini saya akan me list apa saja yang saya lakukan selama berada dalam kehamilan, persalinan dan pasca persalinan (rencananya jika semua berjalan lancar) dengan metode cara tradisional maupun modern. memang jaman skrg banyak sih ibu ibu muda yang kurang percaya petuah petuah orang orang tempo doeloe, tapi bagi saya, saya sih percaya percaya saja, bukan dalam hal yang mistis dan aneh2 ya, tetapi dalam hal kesehatan dan penjagaan badan🙂. karena saya melihat bahwa ibu saya masih tetap cantik, singset, mulus putih dan body nya juga uhuy karena mengikuti petunjuk petunjuk org2 tempo doeloe. so, saya sih oke oke aja. tapi semua terlepas pada pendapat masing masing ^_^.

1. ketika masa kehamilan, hal yang paling ditakutkan adalah munculnya strechmark.
selain dari kedokteran hal itu dikarenakan adanya perenggangan kulit ketika perut semakin besar, maka kata ibuku, hal ini dikarenakan ketika haid dulu suka menggaruk garuk kulitnya krn gatal. trnyata kl bisa hal ini dihindari, akan lebih parah jika menggaruk kulit selama kehamilan terutama daerah perut. jika tidak tahan lagi akan godaan menggaruk, maka belilah 1 buah sisir utk khusus menggaruk kulit yg gatal. dan 1 hal yg harus dijauhi, jangan menggaruk menggunakan jari2 kuku karena mengandung bakteri yang memperparah strechmark itu sendiri,
selain itu penggunaan minyak kelapa (buat sendiri ya ….) dan zaitun di pagi hari dan sebelum tidur juga harus dilakukan utk membantu perenggangan dgn baik.

2. kaki bengkak.
untuk mengatasi kaki bengkak, selain kaki diletakkan lebih tinggi dari tubuh dengan mengganjal menggunakan bantal, hal lain yang dilakukan kl menurut ibuku, minum seduhan kacang hijau dan ambil airnya setiap pagi dan diminum, jalan jalan pagi apalagi bagus jika diatas rumput, jangan tidur lagi setelah bangun pagi karena trnyata kerasa banget sakitnya kalo bangun tidur🙂.
hal lain yang dilakukan tidur mengarah kesebelah kiri untuk memperlancar aliran darah sehingga kaki tidak gampang bengkak walau bagi saya trnyata hal ini tidak terlalu berpengaruh juga. selain itu diolesi boreh juga okeh loch😉.

3. badan pegal pegal
Untuk mengatasi badan pegal pegal, saya selalu melakukan pijat hamil, dan alhamdulillah ini bisa dilakukan karena ada salah satu keluarga jauh yang okeee banget mijit nya. jadi tiap berapa minggu skali dipijit, habis itu malamnya enak banget tidur🙂

4. Sulit membersihkan kaki. sama dengan yang diatas, jika saya sulit banget memotong kuku kaki karena kehamilan sudah membesar, maka saya sering ke salon sekali lagi hanya utk pedicure dan creambath, yang diincar hanya pijatan, dan kaki yang sudah dipotong kuku dan mulus😛😛

Perawatan pasca melahirkan (saya merencanakan dr kehamilan 9 bln🙂 )

Untuk perawatan pasca melahirkan, alhamdulillah disini banyakkk banget yang mau membantu. ga tau deh kalo di jkt siapa yang mau mencari tetek bengek ttg perawatan ini, apalagi kalopun ada harganya mahalllllll. untuk perawatan ini, ibuku memesan jamu2 pasca melahirkan dari seorang saudara jauhnya, trnyata jamu nya asli dan eksklusif dibuat untuk saya loch, dan harganya juga tidak terlalu mahal spt yg saya lihat di jakarta. dibuatnya juga di pulau, krn bahan2 yg ada tidak semua ada di tmpt lain🙂.

saya kurang suka jamu jamu olahan pabrik spt nyonya Me****** atau apalah, karena kata ibuku, minum jamu diatas jg kurang terasa manfaat ke badan, jadi lebih baik buat langsung ke org yg ahli jamu2an🙂.

selain jamu (jamu rebus, jamu serbuk, dll ) , ada bedak dingin, ini juga buatan sendiri ^_^. terdiri dari beras, daun jeruk, daun pandan dan lain lain. bedak dingin ini bisa digunakan kapan saja, sebelum dan sesudah melahirkan juga okeh. saya sendiri sudah menggunakan sejak kehamilan menginjak 9 bulan, karena udara disini kl lagi panas ya panassss banget.

di gosokkan dimuka, lengan dan kaki. selain itu ada juga masker perut, digunakan diperut utk melangsingkan kembali dan biar perut ga bergelambir🙂, ramuan mandi uap juga digunakan untuk menghilangkan lemak lemak yang ada ketika hamil dl🙂. dan percaya ga sih, kata ibuku jk kt rajin , maka kt ga perlu diet2an loch selama pasca melahirkan🙂
ya demikianlah hal hal yang saya lakukan selama masa kehamilan dan pasca melahirkan. smg berguna ya🙂