tidak bisa dipungkiri ketika proses melahirkan dan pasca…

tidak bisa dipungkiri, ketika proses melahirkan dan pasca melahirkan dibutuhkan org org yang selalu siap membantu baik fisik dan mental karena proses melahirkan dan pasca melahirkan bukanlah hal yg mudah utk dilewati. dan itu benar. sumpah, swear atau apapun istilahnya. alhamdulillah ibuku selalu mensupportku semenjak proses persalinan sampai mendukung utk selalu ASI.

dari membuat sayur2an yg menghasilkan asi sampai ke obat2an herbal pun digunakan. alhamdulillah daun katuk dan sari kurma serta jamu2 yg dibuat oleh org kampung ibuku menjadi senjataku utk memberikan asi ke anakku. awal kelahiran juga kuberusaha memberikan asi karena mengandung kolostrum yg sangat baik utk kesehatan walau tidak kupungkiri rasa sakit pasca melahirkan menggoda utk memberikan susu formla.

new mom, dulu2 membayangkan suasana hectic , tertekan dan heboh, tapi setelah dijalani trnyata penuh kebahagiaan, masih bisa perawatan habis melahirkan, masih bisa makan dan mandi, masih bisa bsantai, diberikan asi yang semakin banyak, kuncinya hanya 1, semua dilakukan secara kilat , mandi kilat, makan kilat, bedakan kilat๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ dan harus dibiasakan untuk tidur yg sedikit. dan ini pun yg mengajari adalah ibuku. tidak bisa seorang ibu baru berleha leha dan bersantai sejenak ketika memiliki bayi. tertekan? trgantung. tp setelah aku menjalani beberapa saat, malah bermain dengan anak, menjawab tangisannya jam 1 pagi, jam 5 sore, semua malah menjadi kebahagiaan utkku. karena secara gitu loch, melahirkannya tidaklah mudah. preklamsia, air ketuban yg telah hijau, darah yg menghitam, badan yg kejang2, muntah2 dan pandangan kabur, serta tekanan darah yg tinggi , dan nafas yg sesak lain dari biasanya membuatku mengerti arti dari seorang ibu.

ketika minggu2 awal kelahiran anakku, ia selalu bangun malam dan tidur di siang hari. tapi aku tidak ingin membiasakan anakku demikian. maka kubuat segala cara agar ia tidur di malam hari dan bermain disiang hari menjadi kebiasaannya. tidak butuh waktu lama, 2 minggu terakhir alhamdulillah ia menjalani itu. alhamdulillah sejauh ini anakku bukanlah anak yg menyusahkan, bahkan ia adalah anak termanis yang allah swt berikan utk aku dan suamiku. walau sebagai orang tua aku harus belajar banyak, terutama mendidik akhlaknya, karena ia wanita. yang tentu akan menjadi ibu untuk anak2nya kelak (duh, jauh amot pandangan gue๐Ÿ˜›๐Ÿ˜› ).

kegiatanku setelah nisa lahir dengan jadwal nisa tidur di malam hari, biasanya nisa akan tidur dari jam 5 sore- jam 5 pagi, biasanya disela sela nya, dia bangun tengah malam karena haus, lalu tidur kembali, lalu jam 6 pagi aku memandikan anakku, berjemur dan jam 7 pagi asi, lalu biasanya ia tidur kembali jam 7-10 pagi, dan bangun sampai jam 5 sore, bermain main bersamaku dan om nya yg br berumur 2 tahun๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€.

ah, anakku sayang, ternyata cinta seorang ibu ke seorang anaknya beginilah rasanya. tanpa pamrih tanpa balasan dan masa ini tidak akan dilewti utk yg kedua kali. so, inilah nikmatnya ^_^.