Annisa diusia 5-12 Bulan (dirangkum jadi 1)

Ups bunda nisa lupaaaa banget nulis perkembangan nisa selama 12 bulan. Terakhir diusia nisa 4 bulan dan sekaran nisa berusia 17 bulan . Ups berrti 13 bulan ya. Lamaaaaa….. moga2 bunda nisa masih ingat apa saja pencapaian nisa selama usia 5 bulan ini. Yuk kita cekidot…😉

Diusia 5 bulan ini annisa belajar merangkak. Menurutku untuk anak seusianya perkembanga nisa sangattt cepat sekali. Alhamdulillah ya… (gaya syahrini), dan alhamdulillah belum sakit berrti. Giginya juga belum tumbuh. Lamaaaaa banget giginya tumbuh. Tapi gpp kata dokternya itu hal biasa😉. Pada usia 4-6 bulan nisa sudah bisa diajak bercanda. Ia selalu tersenyum kalo bundanya masang wajah aneh2. Suka juga yg namanya jalan jalan. Ya iya habisnya pas dalam kandungan sukaaaaa banget papa bundanya ngemoolllll. Hahahahhah.

Ia selalu tersenyum kalo bundanya suka buat hal hal yang lucu, seperti main cilukba, tepuk tepuk tangan walau masih dibantu bunda😀,kadang suka bunda gelitik si nisa biar tertawa habisnya kl dia lagi bete, cemberrrrrrutttt banguatee.

Nisa juga sudah mampu tidur sepanjang malam sejak usia 5 bulan. Maksutnya jarang2 bangun atau ngajak main ga kyk bulan bulan pertamanya.

Usia 6 bulan nisa sudah mampu duduk walau masih bersandar ke papa / bundanya. Usia 7 bulan si nisa aktifff sekali bergerak, karna ia sudah pandai mengengsotkan badannya. Usia 10 bulan nisa kuajarkan melambaikan tangan, karena kata para ahli,

Kemampuannya untuk melambaikan tangan termasuk penting dalam milestone tumbuh kembangnya karena ini adalah ekspresi aktual dari bahasa. Di usia 9 bulan biasanya bayi mulai menemukan kaitan antara suara, gerak tubuh dan arti. Mereka memahami bahwa lambaian tangan berkaitan dengan kata “dadah-dadah”.

Daaaannnn taraaa akhirnya sebulan setelahnya nisa sudah bisa dadah dadah, walau dadah2nya lucuuu, hahahha. Dia melambaikan tangan tapi melambaikan tangan lebih tepatnya spt “ayo ayo” hahahah. Tapi gpp yg penting ngerti, n sampai hari inimasih begitu. Perlu dilatih lagi nih.

Usia 9-12 bulan nisa senang banget mungut barang barang printilan kecil. Debu yg sizenya secuil juga dia bisa lihattt. Siok ga sih??? Tiba2 ada barang dimulut bayi2 kita… ini masa masa paling kritis menurutku. Soalnya semua barang dimasukkan ke mulut, bayi belum tau mana yg bahaya mana yg tidak. Akhirnya aku pun masak kalo nisa tidur aja, kalo dia bangun fullll aku ngawasin dia main. N taraaaaaaaa….. tisu adalah mainan printilan yang palingggg ia sukai. Huffff… entah darimana iya dapatkan itu.

Dan alhamdulillahhhhh usia 11 bulan taraaaaa nisa akhirnya sudah bisa berdiri sendiri. Alhamdulillah. Dan diusia 11 bulannya juga ia udah mulai berbicara kata papa mama . terus usia 12 bulannya suka banget menirukan nada suara. Misalnya nada suara “dadah” itu ia tirukan juga wkkwkwkw. Lucu. Itu dl ceritaku ttg ringkasang milestone anakku ampe usia 12 bulan ya mom. Smoga bermanfaat 

oh, ya dibawah ini adalah milestone yg kuambil dari ayahn bunda ya mom

Usia 5-6 bulan:

Memperlihatkan ketertarikan pada hal-hal baru di sekitarnya.=ok
Tersenyum dan memproduksi bunyi bahasa untuk menarik perhatian.=ok
Memalingkan wajah ke oarah orang yang memanggil namanya.=ok
Mulai memiliki perasan cemas jika berhadapan dengan situasi yang tak biasa ia alami. =ok

Usia 7-8 bulan:

Memperlihatkan perasan senang atau antusiasme orang palin.=ok
Sadar terhadappujian verbal dan antusiasme orang lain.=ok suka banget girang kl dipuji sambil usap2 kepalanya hahhahahaha
Pandai menarik perhatian orang lain ketika merasa bosam.=ok alias seperti mau minta digendong ketika emaknya lagi sibuk ngepak barang😀
Punya inisiatif untuk memulai kontak social dengan orang dewasa.=ok ama anak org suka dicolek2 hihihi
Merespon atau menjawab pertanyaan sedehana dengan ekspresi wajah, gerak tubuh dan suara.=okt soalnya ica kl kita ajak bicara suka nanggapin sambil nunjuk tangan ngasih tau apa yg ia mau

Usia 9-10 bulan:

Rasa ingin tahu sangat tinggi.=ok rumah ga pernah rapi😀
Ketika dipeluk dan disium, ia membalas dengan pelukan dan ciuman pula.==ok biasa waktu mau tidur
Menyimak cerita atau dongeng yang dibacakan.= sebentar saja, habis itu bukunya mau dirobek2 nisa😀
Belum memahami akibat dari perbuatannnya kepada orang lain. =ok

Usia 11-12 bulan:

Kecewa jika permintaannya tak dipenuhi. Suka merajuk untuk mendapatkan persetujuan ibu atau ayah.=ok ampe2 masuk kamar sendiri sambil baca komik hahahahah
Mudah beralih, dari gembira menjadi sedih, dari sedih jadi gembira.==ok biasanya krn ia ngantuk
Sangat menyayangi orang tua dan orang terdekatnya.=ok ga mau pisahhhhhh ama teteh/papa/mama nya
Memperlihatkan temperamen ketika tidak mau bekerja sama. =ok suka nolak sambil masang wajah cemberut😀